Sistem Pelaporan Pelanggaran

SISTEM PELAPORAN PENGADUAN

 

Mekanisme Penyampaian Laporan Pengaduan

Sistem pengaduan pelanggaran (whistleblowing system) merupakan pedoman bagi karyawan serta para pemangku kepentingan untuk melaporkan perbuatan atau kejadian yang berhubungan dengan tindakan penipuan, pelanggaran terhadap hukum, peraturan Perseroan, kode etik, dan benturan kepentingan yang dapat menimbulkan kerugian dan/atau membahayakan Perseroan.

Perseroan membentuk tim khusus sebagai penyusun dan pengawas pelaksanaan whistleblowing system yang terdiri dari divisi Corporate Secretary, Legal, HSE dan Internal Audit untuk menyusun pedoman, menerima laporan, melakukan investigasi dan memberikan saran atau rekomendasi sampai dengan proses penyelesaian. Tim ini bertanggung jawab langsung ke Dewan Direksi.

Perseroan diwajibkan melaporkan beberapa hal mengenai penyampaian Laporan Tahunan Emiten Atau Perusahaan Publik poin II.G.15, perihal uraian sistem pelaporan pelanggaran (whistleblowing system) sebagaimana terdapat pada Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor: 30/SEOJK.04/2016 tanggal 3 Agustus 2016 yang mencakup:

 

Program Whistleblowing

PT Indonesia Transport & Infrastructure Tbk menerapkan program whistleblowing melalui kewajiban manajemen dari setiap unit bisnis untuk menjalankan fungsi pengawasan melekat dan bertahap, dan membuka saluran pengaduan pelanggaran yang dimanfaatkan sebagai peringatan dini bagi Perseroan. Hal tersebut dapat dilakukan melalui penyempurnaan sistem pengendalian internal secara konsisten. Mekanisme penyampaian pengaduan terdapat pada proses pelaporan, tindak lanjut atas pelaporan, proses komunikasi dan program perlindungan bagi whistleblower.

Sebagai perusahaan penerbangan yang sangat memperhatikan aspek keselamatan kerja, Perseroan telah mengembangkan sistem pengaduan yang mengakomodasi karyawan untuk dapat melaporkan pelanggaran prinsip-prinsip Kesehatan, Keselamatan dan Lingkungan (K2L) Lingkungan dengan menciptakan aplikasi berbasis web (E Safety Management System) yang dapat diakses oleh karyawan melalui sms.indonesia-air.com.